Pernak-Pernik Usaha Kreatif Sukorejo
BERITA TERKAIT

KEBONSARI – Industri kreatif di daerah pedesaan mulai menggeliat.  Hal ini menunjukkan bahwa warga desa mulai merespon positif dorongan pemerintah desa (pemdes) agar masyarakat turut serta dalam pembangunan ekonomi di pedesaan.  

Sejumlah warga tak lagi ragu aktif dalam program pemberdayaan ekonomi kreatif melalui kegiatan wirausaha. Seperti yang ditunjukkan warga Desa Sukorejo, Kecamatan Kebonsari. Mereka sukses mengolah hasil perikanan dan pertanian dalam bentuk makanan siap saji. 

‘’Ada nugget lele dan donat waluh,’’ kata Kepala Desa Sukorejo Yoyon Mahmudi, Kamis (11/8).

Yoyon menjelaskan, kedua olahan makanan itu dikembangkan sejak tahun 2014 lalu oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) desa setempat. Namun, produksinya memang masih sebatas melayani pemesanan, belum sampai merambah skala besar. 

‘’Namun, kami yakin nugget lele ini sangat prospektif untuk dikembangkan secara profesional. Kebetulan, di desa kami juga banyak petani ikan lele,’’ terangnya.

Sedangkan donat waluh, juga tak kalah potensial. Selain memanfaatkan hasil pertanian yang ada, pangsa pasarnya pun masih tebuka lebar. Karena belum banyak yang memproduksi donat dengan bahan baku dari buah labu tersebut. 

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar