Pengidap Gangguan Jiwa Juga Penduduk Kabupaten Madiun Lho

JawaPosRadarMadiun.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) mulai door to door ke rumah warga saat melakukan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).  

Warga dengan gangguan jiwa jadi target sasarannya.  Hal ini dimaksudkan agar warga dengan gangguan jiwa mudah mendapatkan akses layanan kesehatan dengan mudah. Seperti di akhir pekan kemarin, petugas bergerilya di Desa Kradinan, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.

Didampingi pegawai kecamatan setempat, petugas mendatangi rumah berukuran 3x4 yang lokasinya di tengah kebun. Tidak ada perabotan atau pun perlengkapan rumah lainnya. Namun, Mistun, si pemilik rumah sedang tidak berada di rumah. 

‘’Memang suka jalan-jalan,’’ jelas Istiqomah, adik Mistun.

Saat ditemui di rumah Istiqomah, Mistun yang mengenakan baju dan jilbab putih itu tengah asyik duduk di pojok ruang tamu mengupas kacang tanah. Saat petugas mendekatinya, Mistun berusaha lari lantaran takut. 

Istiqomah dengan sabar membujuk Mistun agar mau difoto. Petugas pun harus ekstra sabar menghadapi tingkah Mistun yang selalu menutup wajahnya saat petugas bersiap mengambil gambarnya. Bahkan, petugas harus mengulanginya hingga empat kali. 

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar