Serius Berantas Pungli

JawaPosRadarMadiun.com – Aksi pungli terancam punah di Kabupaten Madiun. Ini setelah lima petinggi forum komunikasi koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) kabupaten setempat sepakat membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli). 

Kapolres Madiun AKBP Sumaryono menuturkan, tugas utama Satgas Saber Pungli adalah melakukan pengawasan internal di masing-masing instansi. Sedangkan penindakan bagi pelaku merupakan langkah terakhir yang bakal diambil. 

‘’Fokus utamanya pada instansi yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Jadi semua pihak harus berani menjamin terciptanya birokrasi pelayanan yang bersih,’’ jelasnya usai penandatangan nota kesepahaman saber pungli, Kamis (24/11). 

Sumaryono berharap, masyarakat ikut mengambil peran dalam upaya pencegahan pungli tersebut. Juga, tidak segan melaporkan jika terjadi indikasi pungli di sekitar mereka untuk kemudian ditelisik kebenarannya. 

‘’Jika memang benar ada, bakal diproses sesuai prosedur yang ada. Namun, akan lebih baik jika pencegahan lebih diutamakan,’’ paparnya.

Kajari Mejayan Eko Mintardjo juga menyatakan pendapat senada. Ia bakal lebih mengedepankan upaya pencegahan dalam Saber Pungli ini. Sehingga jika terjadi temuan, pihaknya bakal melimpahkan penindakannya ke Saber Pungli. 

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar