Ini Kepedulian Zaini

MADIUN – Siapapun pasti bakal mengacungkan jempol jika melihat apa yang dilakukan Zaini. Seorang tukang becak berusia 69 tahun itu rela menambal lubang jalan yang menganga di kawasan jembatan Branjangan Kota Madiun. 

Pun, kepedulian itu hanya lantaran kepedulian Zaini terhadap keselamatan pengguna jalan yang melintas di wilayah tersebut. Dirinya berinisitif menambal lubang jalan satu persatu tanpa mengharap imbalan dari siapapun. 

Bermodal alat sederhana seperti cangkul, sekop, dan palu besi, Zaini menambal empat lubang jalan yang menganga dengan pasir dan batu (sirtu). Sirtu didapatkan Zaini dari seseorang kenalannya yang tinggal di dekat Pasar Besar Madiun (PBM). 

‘’Saya sudah satu minggu ini memperbaiki jalan rusak di sekitar sini (Jalan Raya Sambirejo-Takeran, Red),’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Madiun.

Apa yang dilakukan Zaini itu terdorong hati nuraninya sendiri. Sebab, kerusakan Jalan Raya Sambirejo-Takeran banyak memakan korban. Dia sering melihat pengguna jalan terjatuh sampai mengalami luka. 

Kejadian yang sering terjadi itu mengguggah nuraninya untuk menambal jalan negara  yang tak kunjung diperbaiki itu. Dirinya ikhlas mengambil tanggung jawab perawatan jalan yang sebenarnya bukan jadi menjadi pekerjaannya. 

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar