Selain Longsor, Tegalombo Juga Rawan Banjir

TEGALOMBO - Peristiwa longsor yang kerap terjadi di sepanjang jalan Ponorogo - Pacitan yang ada di Desa Ngreco  Kecamatan Tegalombo memang tidak bisa dihindari. Pengendara yang melintas di jalan tersebut harus ekstra waspada. 

BACA : Ini Titik Longsor Paling Rawan di Jalur Pacitan-Ponorogo 

Lonsor yang terjadi karena kondisi tebing  yang ada di jalur tersebut terbilang labil.  Selain memiliki ketinggian sekitar 50 meter, potensi longsor dipicu kemiringan tebing di jalan provinsi tersebut nyaris  45 derajat.  

‘’Kondisi di Ngreco itu sudah cukup mewakili daratan di Tegalombo. Bahwa, daerahnya memang rawan longsor jika dilihat dari kondisi geografisnya,’’ ungkap Camat Tegalombo, Joko Putro Purnomo.

Selain itu, dirinya mengungkapkan jika wilayah Tegalombo berbeda dengan wilayah lain di Pacitan. Salah satunya, kondisi tanahnya terbilang lebih gembur. Karena itu, Tegalombo dirasa paling ideal sebagai wilayah konservasi.  

‘’Tapi, tidak menutup mata jika wilayah Tegalombo juga strategis. Mau tidak mau, harus dilewati jalan yang menghubungkan Pacitan-Ponorogo. Terlepas dari resiko yang mengancam,’’ jelasnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar