Insiden Grape Coreng Pariwisata Kabupaten Madiun

MADIUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun seperti ditampar keras. Musibah tenggelamnya enam pelajar MTs Bani Ali Mursyad, Takeran, Magetan, di kawasan Wana Wisata Grape jadi penyebabnya. 

Pasalnya, insiden itu terjadi di saat pemkab tengah gencar-gencarnya berupaya mempromosikan berbagai objek wisata unggulan. Terutama, sederet objek alam di Lereng Wilis seperti Wana Wisata Grape dan air terjun Coban Kromo. 

Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun Isbani mengakui hal tersebut. Musibah awal pekan lalu itu menjadi pelajaran bagi pemkab untuk lebih berbenah.

‘’Ini menjadi bahan evaluasi bagi kami agar pengelolaan wisata lebih profesional ke depannya,’’ katanya.

Setelah proses evakuasi seluruh korban tenggelam usai, Disparpora segera menata ulang manajemen dan strategi pengelolaan wisata di kabupaten ini. Terutama objek wisata yang berpotensi menimbulkan kerawanan bagi wisatawan. 

Misalnya saja tubing, flying fox, maupun rumah pohon yang mulai ngehit di beberapa titik kabupaten. Pun sejumlah potensi wisata alam yang belum tergarap juga tak luput diinventarisir indikasi kerawanannya

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar