Pantai di Pacitan Butuh Lifeguard

PACITAN – Keganasan ombak pantai Srau Kabupaten Pacitan yang menelan korban jiwa beberapa waktu mengingatkan potensi bahaya wisata alam. Ini menjadi pelajaran berharga bagi pengelola agar memperhatikan unsur keamanan dan keselamatan pengunjung. 

Terlebih wilayah pantai di Kabupaten Pacitan sebagian besar berbatasan langsung dengan laut lepas. Tidak salah jika obyek wisata pantai harusnya dilengkapi dengan fasilitas keamanan dan keselamatan wisatawan agar kejadian serupa tidak terulang. 

‘’Insiden meninggalnya wisatawan di Pantai Srau memang seakan membuka mata, bahwa sebenarnya kebutuhan lifeguard mendesak. Mereka yang bertugas mengawasi langsung para wisatawan di pantai,’’ ujar Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD, Pujono. 

Pujono menyebut, BPBD mendukung usulan Disparpora terkait pengadaan lifeguard (penjaga pantai,Red) di seluruh pantai-pantai di Pacitan. Warga di sekitar pantai dinilai layak sebagai lifeguard, asalkan juga mendapatkan pelatihan dalam hal search and rescue (SAR), dan didukung peralatan yang memadai. 

Soal pengetahuan alam, Pujono yakin warga di sekitar pantai banyak yang sudah paham betul bagaimana karakteristik pantainya. 

‘’Warga sekitar pantai paham karakteristik alam di sekitarnya. Asal ditunjang pelatihan SAR dan peralatan memadai, mereka layak dijadikan lifeguard,’’ pungkas Pujono. (naz/rif/jprm)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar