Tebing Ambrol, Warga Bangun Tanggul Darurat

MAGETAN – Ancaman bencana tanah longsor masih terus mengintai warga Kabupaten Magetan.  Rabu dini hari (19/4) longsor terjadi di Desa Sumberdodol, Panekan. 

Beruntung, kejadian itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun kerugian materiil. Material longsoran hanya berserakan di jalan desa dan halaman beberapa rumah warga setempat. 

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Fery Yoga Saputra mengungkapkan, longsor disebabkan hujan yang terus - menerus mengguyur sejak sore. Guyuran air itu menggerus tanah yang memiliki kontur labil di sejumlah titik. 

Karena tidak kuat menahan, tanah tebing seluas sekitar 7x10 meter pun ambrol. Meski cukup luas, volume tanah yang ambles tidak terlalu besar. ‘’Tidak sampai menimbulkan kerugian. Pagi itu juga langsung dibersihkan warga,’’ ujarnya. 

Lokasi longsor yang di tepi jalan memaksa warga membuat tanggul dari karung. Fungsinya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya longsor susulan jika hujan turun. Warga juga memasang tali sebagai penanda agar pengguna jalan berhati-hati ketika melintas. 

Fery menambahkan, hujan diprediksi masih akan terjadi hingga Mei mendatang. Itu berdasar surat edaran BMKG Klas I Juanda Surabaya. Pihaknya mengimbau warga agar tetap berhati-hati dan waspada. Khususnya yang berada di daerah rawan bencana. 

‘’Memang Mei sudah memasuki musim kemarau, tapi hujan masih turun,’’ ucapnya. (cor/isd/jprm)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar