Kuota Elpiji Melon Ditambah Jelang Ramadhan

PACITAN - Laiknya kebutuhan pokok lainnya, gas elpiji tiga kilogram (elpiji melon) jadi salah satu komoditi yang berpotensi susah didapat saat ramadhan. Ini lantaran masih adanya oknum yang diduga usil ‘’mengakali’’ jalus distribusi. 

Kondisi ini langsung disikapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat mengusulkan penambahan kuota elpiji melon tahun ini. 
 
‘’Kami sudah usulkan penambahan kuota. Tetapi, jika oknum yang berbuat kecurangan ini juga tidak ditegasi, ya tetap akan kurang,’’ ungkap Kabid Perlindungan Konsumen Disperindag Subekti, Senin (8/5). 

Subekti mengatakan, sebagai antisipasi peningkatan permintaan elpiji melon selama bulan Ramadan, pihaknya mengusulkan penambahan kuota sebanyak sepuluh persen. Namun, setelah melalui diskusi dengan Kementerian ESDM, yang disepakati hanya enam persen. 

Alhasil, tahun ini mendapat tambahan sekitar 137.099 tabung. Sementara distribusi elpiji melon di Pacitan tahun lalu sebanyak 2.147.886 tabung. 

‘’Kami usulkan sebanyak itu dengan pertimbangan adanya penambahan jumlah tumah tangga baru,’’ ujarnya. (naz/rif/jprm)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar