Hama Wereng Ancam Isi Dompet Petani Pacitan

PACITAN - Hama memang menjadi musuh para petani. Upaya pencegahan serangan hama beberapa kali berkahir sia - sia. Seperti yang terjadi di Kabupaten Pacitan, hama wereng masih saja menyerang tanaman padi petani. 

Data yang dimiliki Dinas Pertanian (Disperta) pemkab setempat, dua hektare lahan sawah dilaporkan terserang haama wereng. Akibatnya, tanaman padi di sawah tersebut busuk total, alias gagal panen. 

‘’Awalnya, memang sempat ada ketakutan terhadap hama wereng. Pada akhirnya tetap jebol walaupun pengendalian sudah dilakukan,’’ ujar Kepala Disperta Pamuji, Sabtu (13/5).

Kejadian tersebut tetap menjadi perhatian Disperta setempat meski luasan lahan hanya sebagaian kecil dari total 12 ribu hektare lahan persawahan di Pacitan. Kendati tidak signifikan, namun gagal panen akibat hama wereng dikhawatirkan menyerang lahan lainnya. 

Namun, lokasi ditemukannya hama wereng ternyata tidak hanya ada di satu titik wilayah. Melainkan menyebar. 

‘’Jika sebuah lahan pertanian sudah terkena hama wereng, yang mampu diselamatkan hanya sebagian kecil tanaman padi. Itu karena penyebaran hama itu cenderung cepat,’’ jelasnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar