Lay Out Pasar Songgolangit Membingungkan

PONOROGO – Tata ruang atau lay out Pasar Songgolangit, Ponorogo, membingungkan. Indikasinya, akses keluar masuk barang dan lalu lalang manusianya di pasar kelewat sempit. Tidak cuma itu, pasar yang kobong pada hari Minggu lalu itu, sangat minim petunjuk arah.

 ‘’Akses keluar-masuk fasilitas umum yang digunakan banyak orang secara bersamaan wajib longgar,’’ kata koordinator Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) Malang Sugiharto, Kamis (18/5).

Dia bersama tim BPPM UB memang diminta Pemkab Ponorogo meninjau lokasi pasar. Pihaknya langsung melakukan pemeriksaan. Khususnya tata ruang pasar. Harapannya, kekurangan saat ini segera tersolusikan agar tidak terulang. 

Sugiharto menyebut akses keluar-masuk barang dan orang di Pasar Songgolangit cukup sempit. Akibatnya, masyarakat kurang leluasa. Padahal, akses keluar-masuk penting. Utamanya, saat kondisi gawat darurat. Ia menyebut beruntung musibah kebakaran lalu terjadi saat malam. 

‘’Belum ada petunjuk arah. Ini penting karena pengunjung pasar juga orang luar yang tidak terbiasa,’’ terangnya sembari menyebut diprediksi bakal  crowded kalau kejadian kebakarannya siang. 

Petunjuk arah, kata dia, bukan hilang turut terbakar. Namun, memang tidak ada. Pihaknya juga mengorek informasi dari petugas pasar. Selain itu, tidak ada jalan damkar lebih masuk ke dalam. 

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar