Rabu, 21 Nov 2018
radarmadiun
 
icon featured
Magetan

Batal Lulus CPNS, Guru Honorer Ungkit Hasil Verifikasi BKD

Jumat, 10 Nov 2017 14:46 | editor : Budhi Prasetya

seleksi CPNS

Perwakilan guru honorer saat mengadukan nasibnya di kantor DPRD  (Andi Chorniawan/Radar Magetan)

MAGETAN – Seleksi CPNS 2014 di lingkup Kabupaten Magetan ternyata menyisakan masalah. Guratan kekecewaan dan tanya terlihat di wajah sejumlah guru honorer kabupaten setempat. 

Riak - riak permasalahan mengemuka pada hari Selasa (7/11) lalu. Beberapa perwakilan guru honorer mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi A DPRD  dan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) setempat. 

Perwakilan guru yang gagal dalam CPNS tiga tahun lalu itu menuntut pertanggungjawaban hasil verifikasi badan kepegawaian daerah (BKD). Hasil verifikasi kala itu sebanyak 19 guru dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). 

Namun, mereka menilai hasil TMS itu tidak transparan lantaran BKD tidak menyampaikan secara resmi hasil verifikasi tersebut. Di sisi lain, mereka mengklaim sudah lulus CPNS dan memiliki bukti kuat. 

‘’Apa yang kami alami ini adalah bentuk ketidakadilan,’’ kata Mursini, salah seorang guru honorer, sambil berlinang air mata.  

Mursini sempat merunut alur ketidakadilan itu. Bermula 2010 lalu ketika BKD menyatakan saat pemberkasan awal dinyatakan lolos verifikasi sehingga berhak mengikuti seleksi CPNS 2014. 

Hasil pengumuman seleksi dari panselnas dan BKN menyatakan lulus. Namun, saat BKD melakukan verifikasi bagi yang lulus CPNS, belasan guru honorer itu dinyatakan tidak memenuhi syarat. 

Celakanya lagi, hasil verifikasi itu tidak disampaikan ke yang bersangkutan. Padahal, pihaknya memiliki hak mengajukan keberatan. 

Yang membuat munculnya tudingan ketidakberesan adalah hasil penelusuran diketahui ada guru yang dinyatakan lulus CPNS tapi catatannya sebagai guru honorer terhitung setelah Januari 2005. 

‘’Sedangkan kami ini sudah mengabdi sejak lama,’’ tegasnya. 

(mn/cor/sib/sib/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia