Rabu, 21 Nov 2018
radarmadiun
 
icon featured
Magetan

Terkesan Serampangan, Penataan Buku Perpusda Berbuntut Keluhan

Jumat, 23 Mar 2018 20:23 | editor : Budhi Prasetya

koleksi buku perpusda magetan

ACAK-ACAKAN: Beberapa buku harus diletakkan secara horizontal karena rak yang tersedia kurang (Fatihah Fiqri/Radar Magetan)

MAGETAN – Manajemen pengelolaan buku koleksi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Magetan patut dipertanyakan. Bagaimana tidak, penataan buku terkesan serampangan dan tampak acak-acakan sehingga kerap dikeluhkan pengunjung. 

''Kadang cari literatur ekonomi ketemunya di rak kesehatan,’’ tutur Nadia, salah seorang pengunjung, Kamis (22/3).

Mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Magetan itu mengaku terbilang sering datang ke perpusda untuk berburu materi tugas kuliah. Sayang, tidak jarang dia dibuat jengah lantaran kesulitan menemukan literatur yang dicari. 

''Cuma, penataan yang kurang rapi sering bikin kecewa,’’ keluhnya. 

Berbeda dengan Nadia, Mila, salah seorang pelajar, mengeluhkan sempitnya ruang baca. Kondisi itu membuat dirinya kurang nyaman, terutama saat pengunjung sedang ramai. 

''Kalau jam-jam anak sekolah pulang biasanya ramai,’’ sebutnya.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Layanan Perpusda Magetan Dwi Suprih tidak menampik adanya keluhan sejumlah pengunjung. Diakuinya ukuran ruangan perpustakaan saat ini sudah tidak ideal, mengingat koleksi buku terus bertambah. 

''Saat ini ada sekitar 45 rak dan lemari, tapi itu masih kurang sehingga sebagian buku tidak bisa tertata rapi dan banyak tercampur edisi lama,’’ ungkapnya.

Menurut dia, wacana melebarkan ruang baca sudah muncul sejak lama. Namun, untuk merealisasikannya sejauh ini terkendala regulasi yang mengharuskan lokasi perpustakaan di tengah kota agar mudah dijangkau warga. 

‘’Selain itu, masalah anggaran yang terbatas,’’ pungkasnya.

(mn/jpr/sib/sib/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia