Rabu, 21 Nov 2018
radarmadiun
 
icon featured
Kota Madiun

Peristiwa KA Sancaka, KAI Kembalikan Biaya Pembelian Tiket

Minggu, 08 Apr 2018 21:10 | editor : Budhi Prasetya

EVAKUASI: Proses evakuasi KA Sancaka di jalur kereta api masuk Sambirejo, Mantingan, Ngawi, hingga Sabtu sore masih terus berlangsung.

EVAKUASI: Proses evakuasi KA Sancaka di jalur kereta api masuk Sambirejo, Mantingan, Ngawi, hingga Sabtu sore masih terus berlangsung. (R.Bagus Rahadi/Radar Madiun)

MADIUN – Peristiwa nahas yang menimpa KA Sancaka tak urung menyebabkan PT KAI (Persero) merugi  miliaran rupiah. Selain lokomotif dan gerbong kereta, kecelakaan tersebut juga merusak rel. 

 ’’Berapa miliar rupiah kami belum berani sebut, yang jelas secara prinsip kami masih terus hitung,’’ ungkap Dirut PT KAI Edi Sukmoro, Sabtu (7/4).

Hingga kemarin siang, proses evakuasi lokomotif dan gerbong pembangkit KA Sancaka dari lokasi kejadian masih terus berlangsung. Akibatnya jalur perkeretaapian selatan via Madiun-Ngawi lumpuh total. 

Kereta yang sudah terlanjur melintas di DAOP VII terpaksa memutar kembali ke Surabaya jika hendak menuju ke Jakarta maupun Bandung. Edi berharap jalur selatan dapat segera pulih. 

’’Kami upayakan secepatnya. Kalau rel dan wesel ada kerusakan, segera diperbaiki,’’ terangnya.

Selain itu, tabrakan KA Sancaka di Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Ngawi, Jumat (6/4) lalu mengakibatkan sedikitnya 12 perjalanan kereta api yang melintasi DAOP VII Madiun terhambat. 

Hingga Sabtu (7/4) siang, seluruh kereta dari Surabaya/Malang yang menuju Jakarta/Bandung terpaksa dialihkan melalui jalur utara. Kondisi ini turut menyumbang kerugian, lantaran PT KAI harus mengembalikan biaya pembelian tiket kepada calon penumpang. 

Humas PT KAI DAOP VII Madiun Supriyanto membeberkan, hingga kemarin siang, tak kurang 1.200 lembar tiket kereta api dari sejumlah stasiun wilayah DAOP VII Madiun yang dikembalikan dalam dua hari terakhir. 

’’Ini dampak tertutupnya jalur selatan,’’ sebutnya.

Berapa nominal biaya yang telah dikeluarkan PT KAI untuk mengembalikan 1.200 tiket tersebut? Supriyanto mengaku belum bisa memastikan. 

Namun yang jelas, karena hambatan perjalanan kereta api disebabkan karena tergulingnya KA Sancaka, tiket para calon penumpang bakal diganti seratus persen. Informasi terakhir dari Supriyanto, evakuasi mulai membuahkan hasil kemarin sore. 

’’Kami terus upayakan secepatnya. Harusnya hari ini (kemarin) sudah mulai bisa dilewati,’’ ujarnya.

(mn/jpr/sib/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia