Rabu, 21 Nov 2018
radarmadiun
 
icon featured
Peristiwa

Kelompok Petani Perkuat Dukungan Gus Ipul-Mbak Puti

Jumat, 27 Apr 2018 10:26 | editor : Budhi Prasetya

pilgub jatim

NGAWI – Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Mbak Puti) mendapat dukungan gabungan kelompok tani (gapoktan). Itu dicetuskan Budiono, ketua Asosiasi Gapoktan Jawa Timur, di Ngawi, Kamis (26/4). ‘’Kami siap memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti,’’ kata Budiono dalam acara yang dihadiri Puti dan Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Bidang Kehormatan Partai Budi ’’Kanang’’ Sulistyono tersebut.

Pertemuan itu diikuti berbagai kelompok tani, mulai petani padi, tebu, tembakau, hingga lembaga masyarakat desa hutan (LMDH). Hadir pula seniman kondang Kirun yang ikut menyuntikkan semangat. Budiono mengatakan sudah keliling Jawa Timur dan bertemu Gapoktan untuk menyosialisasikan program pasang calon (paslon nomor 2 tersebut. ‘’Alhamdulillah, 80 persen Gapoktan Jawa Timur mendukung Gus Ipul-Mbak Puti,’’ ucap Budiono.

Mbah Domo, sapaan akrab Budiono, mengatakan, untuk memakmurkan petani di Jawa Timur, pemerintah perlu memperhatikan tiga hal. Yakni, ketersediaan air untuk irigasi pertanian, manajemen tanam, dan manajemen pascapanen.

Mendapatkan dukungan petani, Mbak Puti bersyukur. Dia mengatakan, bersama Gus Ipul, berkomitmen kuat menyejahterakan petani di Jawa Timur melalui program Tampan Sejati atau Petani Mapan se-Jawa Timur. ‘’Kami akan memberi penguatan kepada petani dan nelayan Jawa Timur,’’ janjinya.

Program tersebut antara lain berupa pemberian akses modal dan pelatihan teknologi untuk memaksimalkan hasil panen. Terkait ketersediaan air, Gus Ipul-Mbak Puti akan mendorong pembangunan waduk baru di Jawa Timur dari pemerintah pusat. ‘’Saya sudah melihat proyek nasional pembangunan Waduk Kalimati (Brantas) di Kabupaten Mojokerto. Diproyeksikan akan menyimpan 1,6 juta meter kubik air. Kami berkomitmen mengawal proyek-proyek strategis nasional itu,’’ lanjut Puti.

Sementara Kanang mengatakan Gus Ipul-Mbak Puti intens bertemu kalangan petani. Sebab, mayoritas warga Jawa Timur hidup dari sektor agraris. ‘’Pertanian adalah saka guru perekonomian. Jika ekonomi petani kuat, makmur, dan sejahtera, pasti perekonomian negara akan kuat,’’ katanya.

Selama dua periode memimpin Ngawi, dia berupaya keras meningkatkan taraf hidup petani. ‘’Forum ini untuk menyerap aspirasi para petani di Jawa Timur, khususnya di Ngawi dan sekitarnya, sebagai bahan masukan untuk Gus Ipul-Mbak Puti jika terpilih dalam Pilkada Jawa Timur 2018,’’ jelas Kanang yang juga bupati Ngawi ini.

Ketua DPC PDIP Ngawi Dwi Rianto Jatmiko menambahkan, di Ngawi, sekitar 65 persen masyarakatnya bertani. ‘’Ngawi berkomitmen jadi sentra produksi padi untuk memasok kebutuhan beras nasional dengan terus memperluas area sawah dari yang ada sekarang 136.00 hektare,’’ kata Antok, panggilan akrab ketua DPRD Ngawi ini.

Dia berpendapat, tampilnya Gus Ipul-Mbak Puti memberi banyak dukungan bagi pengembangan sektor pertanian di Jatim. ‘’Gus Ipul-Mbak Puti berkomitmen meningkatkan produktivitas pertanian melalui inovasi dan terobosan. Muaranya sedulur kabeh makmur,’’ katanya. (naz/c1/pra/sat)

(mn/jpr/sib/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia