alexametrics
29.1 C
Madiun
Monday, June 27, 2022

Empat Manfaat Menggunakan Aplikasi Inventory untuk Perusahaan

Jawa Pos Radar Madiun – Manajemen inventaris berbasis cloud memungkinkan bisnis untuk menghindari banyak kesalahan dan masalah yang muncul dengan metode tradisional untuk mengukur tingkat stok. Pengelolaan inventaris adalah proses penting yang memungkinkan Anda melacak stok dan mengetahui apa yang perusahaan butuhkan.

Jika perusahaan Anda masih mengelola inventaris secara manual, inilah saatnya untuk mempertimbangkan manfaat menggunakan aplikasi inventory. Dewasa ini, menggunakan aplikasi inventory semakin penting. Selain untuk memudahkan dalam mengetahui stok, aplikasi inventory juga membantu proses administrasi sehingga lebih efisien dan efektif.

Pengertian Proses Inventory management

Proses inventory management melibatkan pelacakan dan pengendalian stok saat bergerak dari pemasok Anda ke gudang Anda ke pelanggan Anda. Berikut adalah lima tahapan utama yang harus diikuti dalam menjalankan inventory management:

  • Pembelian: Proses ini bisa berarti membeli bahan mentah untuk diubah menjadi produk, atau membeli produk untuk dijual tanpa perlu perakitan
  • Produksi: Membuat produk jadi Anda dari bagian-bagian penyusunnya. Tidak setiap perusahaan akan terlibat dalam manufaktur–grosir, misalnya, mungkin melewatkan langkah ini sepenuhnya
  • Stok penyimpanan: Menyimpan bahan mentah Anda sebelum diproduksi (jika diperlukan), dan barang jadi Anda sebelum dijual
  • Penjualan: Menyerahkan barang ke tangan pelanggan, dan menerima pembayaran
  • Pelaporan: Bisnis Anda perlu mengetahui berapa banyak yang dijual, dan berapa banyak uang yang dihasilkan dari setiap penjualan

Mengapa perusahaan harus menggunakan aplikasi inventory?

Bayangkan menjalankan perusahaan dengan ratusan inventaris dan peralatan di berbagai lokasi. Tidak mungkin melacak semua informasi secara real-time tanpa solusi manajemen inventaris berbasis cloud. Manajemen persediaan yang buruk menyebabkan pemborosan waktu yang besar dan dapat melumpuhkan bahkan perusahaan yang paling besar. Inilah sebabnya mengapa bisnis perlu berinvestasi dalam program standar industri berkualitas tinggi yang akan menyederhanakan pengelolaan aset dengan cara yang paling sederhana dan efisien. Berjalan dari permasalahan tersebut, aplikasi inventory merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk membantu berjalannya management bisnis sehingga lebih efektif.

Manfaat manajemen inventaris berbasis cloud

Berikut adalah lima manfaat dari mengelola inventaris Anda melalui ERP berbasis cloud yang fleksibel seperti:

  1. Monitor secara menyeluruh

Pemantauan cloud berkaitan dengan peninjauan dan pengelolaan alur kerja dan proses operasional di dalam infrastruktur cloud. Perangkat lunak inventaris berbasis cloud membantu bisnis mengelola stok mereka dari satu platform pusat. Baik Anda mengelola satu gudang atau lusinan gudang di seluruh dunia, Anda memerlukan sistem manajemen berbasis cloud yang andal yang dapat disesuaikan dengan bisnis Anda dan melacak setiap bagian. Dengan pengelolaan inventaris berbasis cloud, pemilik bisnis dapat melacak inventaris dan pergerakan stok pada seluruh saluran. Ini membantu mengurangi insiden kehabisan stok.

2. Manajemen stok multi-gudang secara real-time

Akurasi adalah tantangan terbesar dari manajemen persediaan. Menghabiskan jam kerja untuk menghitung dapat menghabiskan waktu dan sumber daya Anda. Perangkat lunak Cloud ERP membantu menyelesaikan ini dengan menciptakan kemampuan untuk melacak inventaris secara menyeluruh. Dengan cloud ERP, batasan dalam mengelola beberapa gudang dapat dihindari dengan memanfaatkan konektivitas real-time. Implementasi cloud akan memberi akses di luar lokasi yang memungkinkan Anda memantau ke setiap lokasi inventaris.

Solusi cloud juga menghilangkan batasan yang diberlakukan oleh infrastruktur TI tradisional yang memerlukan perangkat keras di lokasi (yaitu server). Dengan cloud, manfaat multi-gudang dapat ditingkatkan sesuai permintaan Anda, dengan penyesuaian untuk volume inventaris aktual, lokasi pusat distribusi, dan lainnya.

3. Menyederhanakan rantai pasok

Memastikan distribusi produk tetap menguntungkan adalah hal yang penting dalam bisnis. Menjaga arus persediaan Anda pada tingkat yang positif berarti menemukan waktu yang tepat untuk membeli stok baru. Namun, pelacakan inventaris secara manual membutuhkan lebih banyak tenaga kerja, kecuali Anda memiliki ERP cloud modern dan aplikasi inventory dengan otomatisasi pesanan dan permintaan. Hal ini akan membantu merampingkan manajemen rantai pasokan juga menghemat waktu berharga untuk tugas-tugas administratif.

4. Permudah integrasi dengan sistem lain

Dalam menjalankan operasional bisnis, terkadang aplikasi inventory tidak dapat bekerja sendiri dan harus didukung oleh sistem lain agar bisa menjalankan fungsi lain. Sebagai contoh beberapa proses manajemen inventaris memiliki fokus pada sektor keuangan untuk dikelola. Perangkat lunak inventaris dan distribusi berbasis cloud membantu menghindari ketidakakuratan kesalahan manusia. Integrasi manajemen inventaris Anda dengan siste  akuntansi Anda memungkinkan penggabungan entri dan pelaporan di satu tempat.

Tujuan Manajemen Inventori

Bukan hanya hal tersebut, terdapat tujuan – tujuan lain yang menjadi tujuan manajemen inventori. Tujuan – tujuan tersebut tentunya memberikan keuntungan – keuntungan bagi pengelola inventori itu sendiri bahkan pihak – pihak lain dalam sebuah perusahaa.

Adapun tujuan -tujuan manajemen inventori yang wajib anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Memastikan Keadaan Persediaan Pada Sebuah Safety Stock

Tujuan utama yang menjadi tujuan dasar manajemen inventori ini wajib dimiliki oleh perusahaan adalah memastikan keadaan persediaan pada sebuah safety stock.

Safety stock adalah persediaan tambahan yang turut disediakan demi memberikan cadangan apabila terjadi kekurangan persediaan. Kata lainnya. Safety stock ini adalah persediaan keamanan atau cadangan sehingga suatu perusahaan tidak mudah kehabisan stok yang tentunya mengganggu aktivitas perusahaan tersebut.

Manajemen inventori tentu saja mengambil pengaruh dalam tujuan ini. Mengingat, safety stock berhubungan langsung dengan persediaan atau stock. Sehingga, dengan adanya manajemen inventori atau pengelolaan inventori yang baik maka sebuah stock pada perusahaan akan dalam keadaan safety atau aman.

2. Memberikan Jeda Antara Kegiatan Produksi dan Pembelian Hasil Produksi

Manajemen inventori tentu saja tidak hanya berpengaruh di bidang safety stock atau keamanan stok tetapi turut memberikan jeda antara kegiatan produksi dan pembelian hasil produksi. Dengan pengelolaan inventory yang baik, maka sebuah perusahaan dengan mudah dalam mengontrol kegiatan produksi dan transaksi pembeliannya.

Hal ini tentu saja bukan bertujuan untuk memberikan kemenangan dan penurunan di bidang penjualan. Akan tetapi, hal ini membuat nilai produktivitas pada sebuah kegiatan produksi pada perusahaan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga :  Fitur dan Keunggulan Aplikasi Absensi Online dari Mekari

Semisalnya saja, tidak ada jeda antara kegiatan produksi dan pembelian hasil produksi maka perusahaan akan mengeluarkan modal yang lebih banyak lagi.

Dengan manajemen inventori, seorang pengelola manajemen produksi dan operasional atau penjualan kerap berkoordinasi dalam memantapkan persediaannya. Sehingga, sebuah perusahaan dapat menghasilkan produk yang bernilai tinggi tanpa harus kehilangan modal yang lebih banyak lagi.

3. Mengantisipasi Perubahan Kegiatan Ekonomi

Yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi adalah penawaran dan pembelian. Manajemen inventori kerap mengambil andil dalam melindungi proses kegiatan ekonomi tersebut agar tetap stabil.

Dengan adanya manajemen inventori, sesuai dengan ketersediaan stok utama dan safety stok serta produk bernilai tinggi akibat pengelolaan produksi dengan waktu pas maka terjadi kegiatan ekonomi yang sehat pada perusahaan tersebut.

Manajemen inventori membuat permintaan dan penawaran pada sebuah perusahaan menjadi lebih terkontrol. Dengan jelasnya jumlah persediaan yang ada, sebuah perusahaan dapat memprediksikan kira – kira titik terbaik untuk mencapai omset tinggi tanpa harus kehilangan kualitas produk adalah bagaimana.

Maka, manajemen inventori menjawab itu dengan memberikan trik untuk tetap aman dalam persediaan tanpa harus kehilangan permintaan pelanggan.

4. Mendapatkan Keuntungan dari Diskon Quantity

Apakah anda pernah mendengar diskon quantity? Yap, diskon quantity adalah diskon yang didapatkan apabila seseorang atau sebuah perusahaan melakukan pembelanjaan dengan jumlah yang sangat besar. Hal ini turut memberikan keuntungan pada perusahaan dan menjadi tujuan selanjutnya yang dimiliki oleh manajemen inventori.

Manajemen inventori kerap memahami, persediaan apa dan seberapa banyak yang dibutuhkan agar mencapai safety stock dan memenuhi aktivitas operasional perusahaan agar tetap produktif.

Dengan begitu, dalam pembelian bahan baku atau modal awal dalam mencapai persediaan barang tersebut dapat dilakukan secara bundelan atau grosiran.

Teknik Inventory management

Terlepas dari ukuran bisnis Anda, menerapkan beberapa teknik manajemen inventaris umum ini dapat menjadi cara yang bagus untuk mengendalikan stok Anda. Berikut beberapa yang perlu dipertimbangkan:

  • Just-in-time (JIT) inventory. JIT melibatkan kepemilikan saham sesedikit mungkin, meniadakan biaya dan risiko yang terlibat dengan menyimpan sejumlah besar stok di tangan.
  • Analisis inventory ABC. Teknik ini bertujuan untuk mengidentifikasi inventory yang menghasilkan keuntungan bagi Anda, dengan arti mengklasifikasikan barang ke dalam berbagai tingkatan.
  • Bisnis yang menggunakan dropshipping pada dasarnya melakukan outsourcing semua aspek pengelolaan stok – dengan beberapa manfaat tetapi beberapa kelemahan utama.
  • Pengiriman massal. Teknik ini didasarkan pada asumsi bahwa membeli dalam jumlah besar lebih murah. Metode ini bagus jika bisnis yakin bahwa produk mereka akan laku tetapi dapat menimbulkan tantangan ketika permintaan tiba-tiba berubah.
  • Backorder adalah ketika pelanggan memesan stok yang belum tersedia. Pemesanan di awal artinya dapat memengaruhi kontrol inventory.
  • Teknik ini memungkinkan pengirim, biasanya grosir, untuk memberikan barang mereka kepada penerima barang, biasanya pengecer, tanpa penerima barang membayar barang di muka. Penerima barang masih memiliki barang, dan penerima barang hanya membayar ketika mereka benar-benar menjualnya. Ini terdengar bagus tetapi juga membawa risiko besar.
  • Mengait menyilang. Sistem ini secara virtual menghilangkan kebutuhan untuk menyimpan persediaan. Produk dikirim ke gudang di mana mereka disortir dan disiapkan untuk pengiriman segera. Biasanya dimuat ulang ke truk lain di gudang yang sama dan dikirim untuk pengiriman segera.
  • Penghitungan siklus. Teknik ini artinya adalah melibatkan penghitungan sejumlah kecil inventory pada hari tertentu tanpa melakukan secara keseluruhan. Metode ini membantu bisnis Anda secara teratur memvalidasi tingkat inventaris yang akurat dalam perangkat lunak manajemen inventaris Anda

Cara Mudah Mengelola Inventory dengan Jurnal

Arti inventory system biasanya meliputi pencatatan apa produk yang dijual, harga produk yang akan dijual itu, harga produk yang diterima kembali/ retur barang, harga pokok persediaan, dibeli, pencatatan permintaan dan pengeluaran barang gudang, serta sistem stok opname barang atau perhitungan fisik persediaan.

Hal tersebut dapat dengan mudah dilakukan jika menggunakan sistem dan aplikasi inventory yang baik.

Untuk mempermudah manajer operasional dalam mengelola persediaan dan mempercepat pengambilan keputusan oleh manajemen maka perusahaan dapat menggunakan bantuan program stok barang online seperti yang dimiliki Jurnal by Mekari.

Dewasa ini, sistem dan aplikasi inventory semakin dibutuhkan. Hal ini sejalan dengan semakin berkembangnya bisnis yang membutuhkan management dan pengelolaan stok dengan efisien. Untuk menjawab tantangan tersebut, Jurnal by Mekari sebagai salah satu aplikasi inventory turut membantu para pengusaha dan pemilik bisnis dalam melakukan pengelolaan dan management stok.

Aplikasi inventory seperti Jurnal by Mekari juga dimkasudkan agar membantu para pengusaha untuk fokus memaksimalkan potensi bisnisnya alih-alih. Aplikasi inventory memudahkan para pemilik bisnis dalam menghadapi management dan sistem stok maupun administrasi yang ribet sehingga berpotensi mengganggu jalannya bisnis.

Melalui fitur persediaan, Jurnal akan membantu usaha Anda memiliki fitur secara mudah melalui:

  • Notifikasi atau pemberitahuan dan kalkulasi produk secara langsung.
  • Pelacakan penjualan produk terbanyak, sehingga memungkinkan perusahaan Anda untuk mengantisipasi dengan pemenuhan stok yang lebih besar.
  • Mengimpor data persediaan dalam jumlah besar.
  • Melakukan pelacakan secara cepat terhadap persediaan stok barang dalam beberapa lokasi yang berbeda.
  • Mengatur jumlah minimal stok, sehingga dapat melakukan pemesanan tepat waktu.

Dengan menggunakan sistem manajemen inventaris berbasis cloud, Anda tidak perlu banyak berinvestasi dalam peralatan baru seperti server, mempekerjakan administrator, atau menghabiskan uang ekstra untuk mengamankan sistem. Cukup memilih vendor perangkat lunak inventaris yang andal seperti Jurnal by Mekari.

Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan inventory perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Jurnal by Mekari dapat di akses di laman https://www.Jurnal.id dan tersedia di platform Android. Download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari.

Jawa Pos Radar Madiun – Manajemen inventaris berbasis cloud memungkinkan bisnis untuk menghindari banyak kesalahan dan masalah yang muncul dengan metode tradisional untuk mengukur tingkat stok. Pengelolaan inventaris adalah proses penting yang memungkinkan Anda melacak stok dan mengetahui apa yang perusahaan butuhkan.

Jika perusahaan Anda masih mengelola inventaris secara manual, inilah saatnya untuk mempertimbangkan manfaat menggunakan aplikasi inventory. Dewasa ini, menggunakan aplikasi inventory semakin penting. Selain untuk memudahkan dalam mengetahui stok, aplikasi inventory juga membantu proses administrasi sehingga lebih efisien dan efektif.

Pengertian Proses Inventory management

Proses inventory management melibatkan pelacakan dan pengendalian stok saat bergerak dari pemasok Anda ke gudang Anda ke pelanggan Anda. Berikut adalah lima tahapan utama yang harus diikuti dalam menjalankan inventory management:

  • Pembelian: Proses ini bisa berarti membeli bahan mentah untuk diubah menjadi produk, atau membeli produk untuk dijual tanpa perlu perakitan
  • Produksi: Membuat produk jadi Anda dari bagian-bagian penyusunnya. Tidak setiap perusahaan akan terlibat dalam manufaktur–grosir, misalnya, mungkin melewatkan langkah ini sepenuhnya
  • Stok penyimpanan: Menyimpan bahan mentah Anda sebelum diproduksi (jika diperlukan), dan barang jadi Anda sebelum dijual
  • Penjualan: Menyerahkan barang ke tangan pelanggan, dan menerima pembayaran
  • Pelaporan: Bisnis Anda perlu mengetahui berapa banyak yang dijual, dan berapa banyak uang yang dihasilkan dari setiap penjualan

Mengapa perusahaan harus menggunakan aplikasi inventory?

Bayangkan menjalankan perusahaan dengan ratusan inventaris dan peralatan di berbagai lokasi. Tidak mungkin melacak semua informasi secara real-time tanpa solusi manajemen inventaris berbasis cloud. Manajemen persediaan yang buruk menyebabkan pemborosan waktu yang besar dan dapat melumpuhkan bahkan perusahaan yang paling besar. Inilah sebabnya mengapa bisnis perlu berinvestasi dalam program standar industri berkualitas tinggi yang akan menyederhanakan pengelolaan aset dengan cara yang paling sederhana dan efisien. Berjalan dari permasalahan tersebut, aplikasi inventory merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk membantu berjalannya management bisnis sehingga lebih efektif.

Manfaat manajemen inventaris berbasis cloud

Berikut adalah lima manfaat dari mengelola inventaris Anda melalui ERP berbasis cloud yang fleksibel seperti:

  1. Monitor secara menyeluruh

Pemantauan cloud berkaitan dengan peninjauan dan pengelolaan alur kerja dan proses operasional di dalam infrastruktur cloud. Perangkat lunak inventaris berbasis cloud membantu bisnis mengelola stok mereka dari satu platform pusat. Baik Anda mengelola satu gudang atau lusinan gudang di seluruh dunia, Anda memerlukan sistem manajemen berbasis cloud yang andal yang dapat disesuaikan dengan bisnis Anda dan melacak setiap bagian. Dengan pengelolaan inventaris berbasis cloud, pemilik bisnis dapat melacak inventaris dan pergerakan stok pada seluruh saluran. Ini membantu mengurangi insiden kehabisan stok.

2. Manajemen stok multi-gudang secara real-time

Akurasi adalah tantangan terbesar dari manajemen persediaan. Menghabiskan jam kerja untuk menghitung dapat menghabiskan waktu dan sumber daya Anda. Perangkat lunak Cloud ERP membantu menyelesaikan ini dengan menciptakan kemampuan untuk melacak inventaris secara menyeluruh. Dengan cloud ERP, batasan dalam mengelola beberapa gudang dapat dihindari dengan memanfaatkan konektivitas real-time. Implementasi cloud akan memberi akses di luar lokasi yang memungkinkan Anda memantau ke setiap lokasi inventaris.

Solusi cloud juga menghilangkan batasan yang diberlakukan oleh infrastruktur TI tradisional yang memerlukan perangkat keras di lokasi (yaitu server). Dengan cloud, manfaat multi-gudang dapat ditingkatkan sesuai permintaan Anda, dengan penyesuaian untuk volume inventaris aktual, lokasi pusat distribusi, dan lainnya.

3. Menyederhanakan rantai pasok

Memastikan distribusi produk tetap menguntungkan adalah hal yang penting dalam bisnis. Menjaga arus persediaan Anda pada tingkat yang positif berarti menemukan waktu yang tepat untuk membeli stok baru. Namun, pelacakan inventaris secara manual membutuhkan lebih banyak tenaga kerja, kecuali Anda memiliki ERP cloud modern dan aplikasi inventory dengan otomatisasi pesanan dan permintaan. Hal ini akan membantu merampingkan manajemen rantai pasokan juga menghemat waktu berharga untuk tugas-tugas administratif.

4. Permudah integrasi dengan sistem lain

Dalam menjalankan operasional bisnis, terkadang aplikasi inventory tidak dapat bekerja sendiri dan harus didukung oleh sistem lain agar bisa menjalankan fungsi lain. Sebagai contoh beberapa proses manajemen inventaris memiliki fokus pada sektor keuangan untuk dikelola. Perangkat lunak inventaris dan distribusi berbasis cloud membantu menghindari ketidakakuratan kesalahan manusia. Integrasi manajemen inventaris Anda dengan siste  akuntansi Anda memungkinkan penggabungan entri dan pelaporan di satu tempat.

Tujuan Manajemen Inventori

Bukan hanya hal tersebut, terdapat tujuan – tujuan lain yang menjadi tujuan manajemen inventori. Tujuan – tujuan tersebut tentunya memberikan keuntungan – keuntungan bagi pengelola inventori itu sendiri bahkan pihak – pihak lain dalam sebuah perusahaa.

Adapun tujuan -tujuan manajemen inventori yang wajib anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Memastikan Keadaan Persediaan Pada Sebuah Safety Stock

Tujuan utama yang menjadi tujuan dasar manajemen inventori ini wajib dimiliki oleh perusahaan adalah memastikan keadaan persediaan pada sebuah safety stock.

Safety stock adalah persediaan tambahan yang turut disediakan demi memberikan cadangan apabila terjadi kekurangan persediaan. Kata lainnya. Safety stock ini adalah persediaan keamanan atau cadangan sehingga suatu perusahaan tidak mudah kehabisan stok yang tentunya mengganggu aktivitas perusahaan tersebut.

Manajemen inventori tentu saja mengambil pengaruh dalam tujuan ini. Mengingat, safety stock berhubungan langsung dengan persediaan atau stock. Sehingga, dengan adanya manajemen inventori atau pengelolaan inventori yang baik maka sebuah stock pada perusahaan akan dalam keadaan safety atau aman.

2. Memberikan Jeda Antara Kegiatan Produksi dan Pembelian Hasil Produksi

Manajemen inventori tentu saja tidak hanya berpengaruh di bidang safety stock atau keamanan stok tetapi turut memberikan jeda antara kegiatan produksi dan pembelian hasil produksi. Dengan pengelolaan inventory yang baik, maka sebuah perusahaan dengan mudah dalam mengontrol kegiatan produksi dan transaksi pembeliannya.

Hal ini tentu saja bukan bertujuan untuk memberikan kemenangan dan penurunan di bidang penjualan. Akan tetapi, hal ini membuat nilai produktivitas pada sebuah kegiatan produksi pada perusahaan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga :  Pastikan 5 Fitur Ini Ada Di Dalam Software Akuntansi yang Akan Anda Beli

Semisalnya saja, tidak ada jeda antara kegiatan produksi dan pembelian hasil produksi maka perusahaan akan mengeluarkan modal yang lebih banyak lagi.

Dengan manajemen inventori, seorang pengelola manajemen produksi dan operasional atau penjualan kerap berkoordinasi dalam memantapkan persediaannya. Sehingga, sebuah perusahaan dapat menghasilkan produk yang bernilai tinggi tanpa harus kehilangan modal yang lebih banyak lagi.

3. Mengantisipasi Perubahan Kegiatan Ekonomi

Yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi adalah penawaran dan pembelian. Manajemen inventori kerap mengambil andil dalam melindungi proses kegiatan ekonomi tersebut agar tetap stabil.

Dengan adanya manajemen inventori, sesuai dengan ketersediaan stok utama dan safety stok serta produk bernilai tinggi akibat pengelolaan produksi dengan waktu pas maka terjadi kegiatan ekonomi yang sehat pada perusahaan tersebut.

Manajemen inventori membuat permintaan dan penawaran pada sebuah perusahaan menjadi lebih terkontrol. Dengan jelasnya jumlah persediaan yang ada, sebuah perusahaan dapat memprediksikan kira – kira titik terbaik untuk mencapai omset tinggi tanpa harus kehilangan kualitas produk adalah bagaimana.

Maka, manajemen inventori menjawab itu dengan memberikan trik untuk tetap aman dalam persediaan tanpa harus kehilangan permintaan pelanggan.

4. Mendapatkan Keuntungan dari Diskon Quantity

Apakah anda pernah mendengar diskon quantity? Yap, diskon quantity adalah diskon yang didapatkan apabila seseorang atau sebuah perusahaan melakukan pembelanjaan dengan jumlah yang sangat besar. Hal ini turut memberikan keuntungan pada perusahaan dan menjadi tujuan selanjutnya yang dimiliki oleh manajemen inventori.

Manajemen inventori kerap memahami, persediaan apa dan seberapa banyak yang dibutuhkan agar mencapai safety stock dan memenuhi aktivitas operasional perusahaan agar tetap produktif.

Dengan begitu, dalam pembelian bahan baku atau modal awal dalam mencapai persediaan barang tersebut dapat dilakukan secara bundelan atau grosiran.

Teknik Inventory management

Terlepas dari ukuran bisnis Anda, menerapkan beberapa teknik manajemen inventaris umum ini dapat menjadi cara yang bagus untuk mengendalikan stok Anda. Berikut beberapa yang perlu dipertimbangkan:

  • Just-in-time (JIT) inventory. JIT melibatkan kepemilikan saham sesedikit mungkin, meniadakan biaya dan risiko yang terlibat dengan menyimpan sejumlah besar stok di tangan.
  • Analisis inventory ABC. Teknik ini bertujuan untuk mengidentifikasi inventory yang menghasilkan keuntungan bagi Anda, dengan arti mengklasifikasikan barang ke dalam berbagai tingkatan.
  • Bisnis yang menggunakan dropshipping pada dasarnya melakukan outsourcing semua aspek pengelolaan stok – dengan beberapa manfaat tetapi beberapa kelemahan utama.
  • Pengiriman massal. Teknik ini didasarkan pada asumsi bahwa membeli dalam jumlah besar lebih murah. Metode ini bagus jika bisnis yakin bahwa produk mereka akan laku tetapi dapat menimbulkan tantangan ketika permintaan tiba-tiba berubah.
  • Backorder adalah ketika pelanggan memesan stok yang belum tersedia. Pemesanan di awal artinya dapat memengaruhi kontrol inventory.
  • Teknik ini memungkinkan pengirim, biasanya grosir, untuk memberikan barang mereka kepada penerima barang, biasanya pengecer, tanpa penerima barang membayar barang di muka. Penerima barang masih memiliki barang, dan penerima barang hanya membayar ketika mereka benar-benar menjualnya. Ini terdengar bagus tetapi juga membawa risiko besar.
  • Mengait menyilang. Sistem ini secara virtual menghilangkan kebutuhan untuk menyimpan persediaan. Produk dikirim ke gudang di mana mereka disortir dan disiapkan untuk pengiriman segera. Biasanya dimuat ulang ke truk lain di gudang yang sama dan dikirim untuk pengiriman segera.
  • Penghitungan siklus. Teknik ini artinya adalah melibatkan penghitungan sejumlah kecil inventory pada hari tertentu tanpa melakukan secara keseluruhan. Metode ini membantu bisnis Anda secara teratur memvalidasi tingkat inventaris yang akurat dalam perangkat lunak manajemen inventaris Anda

Cara Mudah Mengelola Inventory dengan Jurnal

Arti inventory system biasanya meliputi pencatatan apa produk yang dijual, harga produk yang akan dijual itu, harga produk yang diterima kembali/ retur barang, harga pokok persediaan, dibeli, pencatatan permintaan dan pengeluaran barang gudang, serta sistem stok opname barang atau perhitungan fisik persediaan.

Hal tersebut dapat dengan mudah dilakukan jika menggunakan sistem dan aplikasi inventory yang baik.

Untuk mempermudah manajer operasional dalam mengelola persediaan dan mempercepat pengambilan keputusan oleh manajemen maka perusahaan dapat menggunakan bantuan program stok barang online seperti yang dimiliki Jurnal by Mekari.

Dewasa ini, sistem dan aplikasi inventory semakin dibutuhkan. Hal ini sejalan dengan semakin berkembangnya bisnis yang membutuhkan management dan pengelolaan stok dengan efisien. Untuk menjawab tantangan tersebut, Jurnal by Mekari sebagai salah satu aplikasi inventory turut membantu para pengusaha dan pemilik bisnis dalam melakukan pengelolaan dan management stok.

Aplikasi inventory seperti Jurnal by Mekari juga dimkasudkan agar membantu para pengusaha untuk fokus memaksimalkan potensi bisnisnya alih-alih. Aplikasi inventory memudahkan para pemilik bisnis dalam menghadapi management dan sistem stok maupun administrasi yang ribet sehingga berpotensi mengganggu jalannya bisnis.

Melalui fitur persediaan, Jurnal akan membantu usaha Anda memiliki fitur secara mudah melalui:

  • Notifikasi atau pemberitahuan dan kalkulasi produk secara langsung.
  • Pelacakan penjualan produk terbanyak, sehingga memungkinkan perusahaan Anda untuk mengantisipasi dengan pemenuhan stok yang lebih besar.
  • Mengimpor data persediaan dalam jumlah besar.
  • Melakukan pelacakan secara cepat terhadap persediaan stok barang dalam beberapa lokasi yang berbeda.
  • Mengatur jumlah minimal stok, sehingga dapat melakukan pemesanan tepat waktu.

Dengan menggunakan sistem manajemen inventaris berbasis cloud, Anda tidak perlu banyak berinvestasi dalam peralatan baru seperti server, mempekerjakan administrator, atau menghabiskan uang ekstra untuk mengamankan sistem. Cukup memilih vendor perangkat lunak inventaris yang andal seperti Jurnal by Mekari.

Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan inventory perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Jurnal by Mekari dapat di akses di laman https://www.Jurnal.id dan tersedia di platform Android. Download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari.

Most Read

Artikel Terbaru

/