27.2 C
Madiun
Friday, December 9, 2022

CATEGORY

Kesehatan

Ramuan Herbal Bisa Gantikan Obat Sirup pada Anak

Larangan obat sirup tak perlu disikapi para orang tua dengan panik berlebih. Ramuan herbal atau jamu sama manjurnya dengan obat kimia dalam mengobati penyakit anak. Namun orang tua tak boleh sembarangan.

Jangan Beli Obat Sirup Dulu, Diduga Sebabkan Gagal Ginjal Akut pada Anak

Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan langsung merespons instruksi Kemenkes yang melarang sementara peredaran obat sirup. Kepala Dinkes Magetan Rohmat Hidayat mengatakan bahwa pihaknya telah mengimbau rumah sakit dan apotek untuk mematuhi instruksi tersebut. ‘’Untuk sementara jangan gunakan obat sirup,’’ tegasnya, Jumat (21/10).

Gejala Gangguan Ginjal Akut Misterius, Waspadai Bila Anak Jarang Kencing

Ramai penyakit acute kidney injury alias gangguan ginjal akut misterius yang dialami ratusan anak di Indonesia belum menjamah Magetan. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan Suwantiyo mematikan bahwa di Magetan masih zero penyakit yang sedang viral itu. ‘’Sampai saat ini, belum ada laporan kasus dari Magetan,’’ ujarnya, Minggu (16/10).

Klinik Mata EDC Group Operasi Gratis 100 Orang Sakit Katarak dan Pterygium

Klinik Mata Erry Dewanto Center (EDC) Group membantu pemerintah mewujudkan Magetan bebas buta katarak. Senin (10/10), Klinik Mata EDC Group bersama pemkab menggelar operasi katarak dan pterygium gratis untuk 100 orang. Kegiatan dipusatkan di Pendapa Surya Graha.

Salah Posisi Tidur? Leher Terasa Nyeri, Kaku, Sukar Menoleh

Orang Jawa menyebutnya tengeng. Leher terasa kaku, nyeri, dan sulit untuk menoleh. Kondisi ini cukup mengganggu aktivitas harian. Tak sedikit yang beranggapan bahwa tengeng disebabkan salah posisi saat tidur. Benarkah? 

Bunda, Yuk Lebih Disiplin Prokes, Hindarkan Anak dari Risiko Penularan Penyakit

Para bunda di Magetan perlu lebih intens dalam mengajak anak-anaknya menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes). Pasalnya, selama sebulan ini, banyak anak di Magetan yang mengidap sakit pernapasan dan pencernaan. ‘’Rentan tertular penyakit kalau tidak menerapkan prokes dengan baik,’’ kata dr Rahma Anindita, dokter spesialis anak di RSUD dr Sayidiman, Rabu (21/9).

Cegah Hipertensi Jadi Komplikasi

Pasien penyakit hipertensi alias tekanan darah tinggi kini mendapat perhatian lebih. Di Puskesmas Demangan, misalnya, kondisi kesehatan mereka dipantau melalui program Aksi Kendalikan Hipertensi dengan Kartu Kendali Pasien atau dikenal dengan akronim Si Pendekar Kapas.

Pancaroba, ISPA Merajalela

Diam-diam, banyak warga Kabupaten Madiun yang terserang penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dalam dua bulan terakhir. Penyebab utamanya terkait faktor cuaca. Yakni, dampak fenomena kemarau basah pada Juli lalu dan musim pancaroba belakangan ini.

Tim Audit Stunting Pemkot Madiun Temukan Kendala Intervensi Gizi

Kendala penanganan stunting di Kota Madiun coba ditelisik tim audit. Tim bentukan dinas kesehatan, pengendalian penduduk, dan keluarga berencana (dinkes PPKB) setempat itu pun mulai menemukan persoalan terkait program intervensi gizi.

Jaga Kesehatan, Cermati Pola Pangan

Kualitas pangan berbanding lurus dengan kesehatan masyarakat. Di era serbacanggih ini, cermat konsumsi tak hanya berpatokan empat sehat lima sempurna. Campuran bahan kimia turut menjadi ancaman kesehatan jika tak dikonsumsi secara hati-hati.

Berita Terbaru

/