Kamis, 23 May 2019
radarmadiun
icon featured
Kota Madiun

Usulan Waket DPRD DPC Gerindra Disemprit DPP 

19 Juli 2017, 13: 30: 03 WIB | editor : Budhi Prasetya

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Rina Haryati

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Rina Haryati (Bagas Bimantara/Radar Madiun )

MADIUN - Polemik mewarnai proses penggantian Wakil Ketua DPRD Kota Madiun. Langkah politik DPC Partai Gerindra kota setempat jadi penyebabnya. Ini lantaran usulan pengganti (alm) Sukoyo dinilai keputusan sepihak. 

Bahkan DPP Partai Gerinda pun memberikan teguran secara lisan terkait usulan tersebut. Karena langkah yang ditempuh DPC partai berlambang kepala burung garuda itu dianggap melangkahi wewenang partai. 

“Secara otomatis kena semprit dari DPP,” kata ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Madiun, Rina Haryati, Rabu (19/7).

Sesuai AD/ART partai, menurut Rina, pengajuan usulan pergantian antarwaktu (PAW) pimpinan DPRD harus mendapat rekomendasi dari DPD dan DPP. 

Sementara dalam kasus ini, Handoko Boedi Setyo yang diusulkan mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan (alm) Sukoyo hanya sekadar mengantongi keputusan atau rekomendasi dari DPC Partai Gerindra. 

“Jadi, usulan itu tidak sesuai dengan AD/ART. Kita ini kan hanya petugas partai, jadi untuk segala sesuatunya harus ada rekomendasi dari DPP,” ujar anggota komisi III DPRD itu.

Rina tidak menyalahkan DPRD Kota Madiun yang mengumumkan pengusulan Handoko menjadi wakil ketua dewan beberapa waktu lalu saat rapat paripurna. 

Menurutnya, apa yang dilakukan lembaga legislatif Kota Madiun itu hanya sekadar membacakan surat dari partai pengusung yang masuk ke meja kerja DPRD. 

“Usulan itu tentu juga belum disetujui oleh gubernur. Karena memang belum ada rekomendasinya dari DPP,” terang Rina.

Sebagaimana diketahui, rencana penggantian posisi (alm) Sukoyo sebagai wakil ketua  DPRD sempat menimbulkan perbedaan pendapat di tubuh Partai Gerindra. Sebab, semua pengurus partai mengaku tidak dilibatkan dalam proses penentuan calon pengganti.

(mn/her/sib/JPR)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia