Rabu, 19 Dec 2018
radarmadiun
icon-featured
Peristiwa

Mesin Uap PG Pagotan Meledak, Tiga Juru Masak Gula Celaka

22 Juli 2017, 15: 30: 00 WIB | editor : Budhi Prasetya

Mesin uap PG Pagotan yang meledak sesaat sebelum pergantian sif kerja malam. 

Mesin uap PG Pagotan yang meledak sesaat sebelum pergantian sif kerja malam.  (Bagas Bimantara/Radar Madiun )

MEJAYAN – Untung tak dapat diraih, malang tak bisa ditolak. Begitu bunyi pepatah yang cocok untuk menggambarkan nasib tiga juru masak Pabrik Gula (PG) Pagotan, Kabupaten Madiun. 

Mereka jadi korban  meledaknya mesin evaporator Pabrik Gula (PG) Pagotan pda hari Jumat (21/7) sekitar pukul 21.05 Wib. Ironisnya, kejadian tersebut tepat di pergantian sif kerja. 

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, Kerasnya ledakan sampai membuat bodi mesin uap berkapasitas 1.100 meter kubik itu terhempas ke lantai. 

Air nira yang masih dalam proses pemasakan pun terus mengalir dari dalam mesin. Akibat ledakan itu, tiga pekerja setempat harus dilarikan ke RSUD dr Soedono Kota Madiun. 

Tubagus Syaifullah, salah seorang pegawai mengungkapkan jika saat kejadian dirinya baru saja meninggalkan pabrik lantaran sif kerjanya sudah selesai. 

Baru beberapa menit memasuki rumah, tiba-tiba dia mendengar ledakan yang cukup kencang. Bunyinya menyerupai ban mobil yang meledak. 

Kebetulan jarak rumah Tubagus dengan pabrik gula milik badan usaha milik negara (BUMN) itu hanya terpaut 500 meter. Spontan warga sekitar pabrik berkerumun di sekitar tempat kejadian perkara (TKP). 

‘’Sampah-sampah sudah berserakan. Seng penutup mesin juga terlempar,’’ ungkapnya.

Sejak pagi dia sudah merasa ada yang janggal dengan mesin uap tersebut. Persisnya di bagian kondensator. Namun, dia tidak melaporkannya kepada pihak pabrik. 

Dia menganggap itu sebagai hal biasa. Dia mengira meledaknya mesin uap berdiameter enam meter itu lantaran kelebihan kapasitas uap. 

‘’Sebelumnya tidak pernah terjadi seperti ini,’’ terangnya.

(mn/bel/sib/JPR)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia