Selasa, 20 Nov 2018
radarmadiun
 
icon featured
Kota Madiun

Daftar Sekarang, Berangkat Haji Tahun 2039 

Jumat, 04 Aug 2017 13:06 | editor : Budhi Prasetya

Tangi haru mewarnai keberangkatan calon jamaah haji asal Kota Madiun, Kamis (3/8).

Tangi haru mewarnai keberangkatan calon jamaah haji asal Kota Madiun, Kamis (3/8). (Bagas Bimantara/Radar Madiun )

MADIUN – Panjang dan lama, begitu kutipan iklan televisi jajanan anak - anak yang pernah ngehit belasan tahun lalu. Ungkapan itu layak untuk menggambarkan daftar tunggu antrean pemberangkatan calon jamaah haji (CJH) Kota Madiun. 

Karena itu, warga setempat harus lebih bersabar jika memiliki rencana menunaikan ibadah haji. Pasalnya, jika mendaftar tahun ini, kemungkinan baru berangkat ke Tanah Suci tahun 2039. 

Dari data yang dimiliki Kantor Kemenag Kota Madiun, ribuan CJH tercatat dalam deretan daftar tunggu. Paling lama berangkat sekitar 22 tahun lagi. 

’’Sekarang sudah ada sekitar 3.500 orang yang masuk dalam daftar tunggu,’’ kata Kepala Kantor Kemenag Kota Madiun, Muhammad Amir Solehudin, Kamis (3/8).

Amir menjelaskan, setiap tahun jumlah CJH Kota Madiun yang berangkat sekitar 150-200 orang. Jumlah itu sudah termasuk kuota tambahan yang diberikan oleh pemerintah pusat mulai tahun ini. 

’’Mudah-mudahan tahun depan kuota jamaah haji Kota Madiun bertambah lagi,’’ harapnya.

Sementara, sebanyak 193 calon jamaah haji (CJH) Kota Madiun mulai bertolak ke Surabaya, Kamis (3/8) kemarin. Dijadwalkan mereka baru terbang ke Madinah, Arab Saudi pada hari Jumat (4/8) sekitar pukul 19.55 Wib. 

CJH Kota Madiun, kata Amir, tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 24 bersama dengan 98 jamaah asal Ponorogo dan 154 CJH dari Surabaya. 

Selama menjalankan ibadah haji di Madinah, ratusan CJH itu bakal menetap di sebuah pemondokan yang jaraknya sekitar 800 meter dari Masjid Nabawi. 

’’Untuk masakan juga disiapkan makanan khas Jatim,’’ pungkasnya. 

(mn/her/sib/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia