Rabu, 21 Nov 2018
radarmadiun
 
icon featured
Kota Madiun

Cegah Korupsi Melalui Pendidikan Karakter Kejujuran Sejak Dini

Sabtu, 05 Aug 2017 17:00 | editor : Budhi Prasetya

Siswa TK memasang gembok di Monumen Gembok Kejujuran, Jumat (4/8)

Siswa TK memasang gembok di Monumen Gembok Kejujuran, Jumat (4/8) (Bagas Bimantara/Radar Madiun)

MADIUN - Belasan siswa usia taman anak anak (TK) mengunjungi Monumen Gembok Kejujuran Kota Madiun, Jumat (4/8) kemarin. Kedatangan mereka tersebut merupakan bagian dari pendidikan karakter, yakni menanamkan anti korupsi.

Sebab, monumen yang berada di Lapangan Gulun, Kelurahan Kejuron, Kecamatan Taman tersebut sengaja dibuat sebagai simbol antikorupsi.
Sebelum memasang gembok, anak-anak ini secara bersama-sama menyanyikan Lagu Garuda Pancasila dengan dipandu oleh guru mereka.

Salah satu anak, Alsena Chesya mengaku sangat gembira mengikuti kegiatan itu. Apalagi, mereka bisa memasang gembok di monumen yang disebut-sebut pertama kali ada di Indonesia tersebut.

"Senang sekali," katanya sembari malu-malu.

Yani, salah seorang orang tua murid, mengaku sangat mendukung acara tersebut. Menurut dia, pengenalan kejujuran sejak dini sangat diperlukan agar tidak ada lagi kasus Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) di negeri ini.

“Karena saat ini banyak KKN, sehingga kejujuran memang sangat diperlukan sejak dini. Dimanapun berada, entah disekolah, keluarga, lingkungan kerja, ataupun di masyarakat. Kejujuran itu harus diutamakan dan ditanamkan sejak kecil,” ujarnya.

Sementara, salah satu pengagas Monumen Gembok Kejujuran, Heru Tomo menerangkan, kegiatan semacam ini merupakan bagian dari upaya pencegahan tindak korupsi.

Sengaja anak-anak dilibatkan untuk pendidikan karakter kejujuran yang dimulai sejak dini. Sehingga diharapkan, anak-anak bangsa ini bisa terhindar dari praktik KKN.

“Saya kira untuk anak usia dini itu perlu ada pendidikan karakter kejujuran. Sehingga untuk generasi kedepan, bisa memegang teguh arti kejujuran,” katanya.

(mn/her/sib/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia