Rabu, 19 Jun 2019
radarmadiun
icon featured
Hukum & Kriminal

Gerebek Perjudian, Polisi Ditodong Pistol 

07 November 2017, 02: 00: 59 WIB | editor : Budhi Prasetya

polisi ditodong pistol

Polisi menunjukkan korek api berbentuk menyerupai senjata api yang disita dari tangan tersangka. (Latiful Habibi/Radar Ponorogo )

PONOROGO – Nyali Tumiran benar - benar besar. Bagaimana tidak, lelaki 56 tahun itu berani menodong polisi dengan senjata yang dibawanya. 

Aksi tak lazim ini terjadi saat polisi menggerebek kegiatan perjudian di Desa Sambilawang, Kecamatan Bungkal, Ponorogo, Kamis malam (2/11) lalu. Kedatangan petugas berpakaian preman itu sontak membuat pemain perjuadian kalang kabut. 

Tiba - tiba Tumiran mengeluarkan senjata yang dibawanya dan langsung mengarahkan ke petugas polisi yang menangkap rekannya. Aksi warga Desa Coper, Kecamatan Jetis ini sontak membuat sejumlah anggota polisi kaget. 

‘’Anggota kami sempat kaget dan mengangkat tangannya saat tersangka menodongkan pistolnya,’’ kata Kasubag Humas Polres Ponorogo, AKP Sudarmanto, Jumat (3/11).

Beruntung, perlawanan Tumiran itu berhasil dipatahkan. Tersangka pun tak bisa berkutik dan langsung diamankan ke Mapolres Ponorogo. 

Sudarmanto mengungkapkan, setelah dicek ternyata pistol yang digunakan tersangka dalam aksinya tersebut hanya korek api. Tapi, bentuk maupun ukurannya hampir sama dengan pistol sungguhan. 

‘’Saat penangkapan itu belum diketahui asli apa bukan, makanya kami tetap berhati-hati,’’ ungapnya.

Dijelaskan, korek api yang digunakan tersangka untuk menggertak polisi itu memang menyerupai revolver phyton 357. Ukuran pistol korek api itu juga hampir sama dengan aslinya, warnanya keemasan dan di ujungnya terdapat tulisan Phyton 357. 

Setelah dilakukan pemeriksaan, polisi juga menemukan korek api model senpi lainnya milik tersangka. Jenisnya U.S 9mm M9-Beretta namun sudah dalam kondisi rusak. 

‘’Sekilas memang mirip sekali. Kalau tidak dicek, mungkin kami tidak tahu kalau itu hanya korek api,’’ terangnya.

Tersangka terus diperiksa penyidik. Sudarmanto enggan membeber selama ini pistol korek api itu digunakan untuk apa oleh tersangka. Apakah itu hanya untuk menggertak atau keperluan lainnya. 

Lebih lanjut Sudarmanto menungkapkan jika anggota Satreskrim Polres Ponorogo berhasil mengamankan dua orang dalam penggerebekan perjudian tersebut. Selain Tumiran, polisi juga berhasil mengamankan Sirmanto, 45, alias Kusir, warga Desa Kupuk, Bungkal. 

Selain itu, petugas juga mengamankan sejumlah peralatan perjudian dadu berikut uang tunai Rp 742 ribu sebagai barang bukti. 

(mn/tif/sib/sib/JPR)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia