Jumat, 24 May 2019
radarmadiun
icon featured
Peristiwa
Pilgub Jatim

Puti ke Ponorogo, Warga Ingat Bung Karno

05 April 2018, 19: 24: 14 WIB | editor : Wawan Isdarwanto

puti soekarno

KAMPANYE: Cawagub nomor 2 Puti Guntur Soekarno panen padi di Dusun/Desa Pondok, Ponorogo, kemarin (4/4) (Istimewa)

PONOROGO - Kampanye calon wakil gubernur (cawagub) Jatim nomor 2 Puti Guntur Soekarno di Ponorogo menggugah ingatan masa lalu warga pada figur Presiden Pertama RI Bung Karno. 

‘’Mbahe biyen perjuangane koyok ngono. Jare simbah, biyen nek Pak Karno pidato, ibarate walang miber dadi mandeg (Kakeknya dulu perjuangannya seperti itu. Kata kakek saya, dulu kalau Pak Karno pidato, ibaratnya belalang terbang jadi berhenti,’’ kata Suminah, 55, warga Dusun/Desa Pondok, Ponorogo, Rabu (4/4). 

‘’Wah ya hebat Bung Karno. Kita tidak pernah bisa lupa pidatonya. Saat itu, warga mesti berkerumun di sekitar radio, mendengarkan pidato Bung Karno. Semangat dan menggelegar,’’ sahut Sumarno, warga lainnya.

Puti adalah putri tunggal Guntur Soekarno, putra sulung Bung Karno dan Ibu Fatmawati. Puti berpasangan dengan calon gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang diajukan koalisi PKB, PDIP, PKS, dan Gerindra di Pilgub Jatim 2018. 

Puti ke Dusun Pondok untuk panen padi yang dihadiri ratusan petani setempat. ‘’Lha itu kan putune Pak Karno ya. Mbak Puti, putri Pak Guntur. Sekarang nyalon sama Gus Ipul,’’ kata Suwanto, warga setempat.

Ingatan warga Ponorogo dan daerah-daerah lain di kawasan Mataraman amat kuat terhadap Bung Karno. ‘’Berkah perjuangan kakeknya, semoga Mbak Puti terpilih sama Gus Ipul,’’ ucap warga lain.

Dalam panen padi di Desa Pondok, hadir juga para petani dari Desa Purwosari, Trisono, hingga Cekok. ‘’Pertanian adalah soko guru perekonomian nasional. Dalam program kerja, Gus Ipul dan saya ingin meningkatkan perekonomian para petani,’’ kata Puti.

Puti kemarin didampingi Bupati Ngawi Budi ’’Kanang’’ Sulistyono. Juga Ketua DPC PDIP Ponorogo Agus Widodo dan pimpinan parpol koalisi PKB, Gerindra, dan PKS. Puti dan Kanang memotong padi sebagai tanda dimulai panen. 

Setelah itu Puti dan warga memanjatkan doa syukur. Kemudian selamatan dan makan siang bersama di pinggir sawah. Mereka dihibur reyog.

Menurut Puti, upaya meningkatkan kesejahteraan petani dilakukan dengan pola-pola intensifikasi, yakni riset-riset varietas unggul padi, menekan monopoli pupuk, dan pendirian koperasi gabungan kelompok tani (gapoktan). 

‘’Gapoktan menjadi saluran kebijakan pemerintah daerah kepada para petani,’’ kata Puti.

Di Ponorogo, Puti juga mengunjungi kantor PW Aisyiyah, menikmati panen buah durian, berkunjung ke pasar, dan silaturahmi ke kantor DPC PKB Ponorogo Jalan Wonopringgo. Dia juga memberi pembekalan pada para saksi PDIP yang disiapkan di TPS-TPS saat Pilkada Jatim 27 Juni 2018 nanti

(mn/jpr/isd/JPR)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia