Selasa, 20 Nov 2018
radarmadiun
 
icon featured
Ngawi

Server Pusat Bermasalah, Sinkronisasi Jaringan UNBK Molor 

Sabtu, 21 Apr 2018 05:00 | editor : Budhi Prasetya

CEK: Teknisi dan proktor SMK PGRI 1 Ngawi tengah memeriksa kesiapan komputer untuk pelaksanaan UNBK SMP kemarin.

CEK: Teknisi dan proktor SMK PGRI 1 Ngawi tengah memeriksa kesiapan komputer untuk pelaksanaan UNBK SMP kemarin. (Deni Kurniawan/Radar Ponorogo)

NGAWI – Sinkronisasi jaringan ujian nasional berbasis kompetensi (UNBK) tahun pelajaran 2017/2018 tingkat SMP sederajat diwarnai kendala. Proses sinkronisasi yang mestinya bisa dimulai pukul 08.00 molor selama dua jam lantaran server pusat bermasalah. 

‘’Kami mendapat laporan dari sekolah penyelenggara kalau server pusat baru bisa diakses pada pukul 10.00,’’ kata Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Dindik) Moh. Luluk Sodiki, Jumat (20/4).

Meski hanya molor dua jam, kata Luluk, kondisi tersebut berpotensi menyebabkan sinkronisasi baru klir pada menit-menit terakhir menjelang ujian dimulai. 

‘’Tahun lalu seperti itu,’’ tutur Luluk  sembari menyebut UNBK kali ini menjadi yang pertama digelar jenjang SMP sederajat secara menyeluruh di Ngawi.

Luluk juga mengkhawatirkan keterbatasan sarana dan prasarana di masing-masing satuan pendidikan, termasuk sumber daya manusia (SDM)-nya. Apalagi, beberapa sekolah baru kali pertama menyelenggarakan UNBK sehingga membutuhkan penyesuaian. 

‘’Tapi, mudah-mudahan lancar,’’ harapnya.

Angga Kresna, teknisi utama SMK PGRI 1 Ngawi, menyebut bahwa SDM menjadi elemen krusial dalam penyelenggaraan UNBK. Sebab, terdapat sejumlah aplikasi yang wajib dikuasai proktor maupun teknisi untuk sekadar sinkronisasi. 

‘’Kendala (saat sinkronisasi) bisa saja terjadi karena server sekolah belum belum di-setting dengan pusat,’’ ujarnya.

Ditanya keterlibatan teknisi tingkat SMK, dia menyebut lantaran beberapa lembaga SMK ditumpangi sejumlah peserta UNBK jenjang SMP. ‘’Di sekolah kami saja nanti ada dua SMP yang nebeng,’’ ujar pria yang juga ditunjuk sebagai help desk UNBK SMP di Ngawi ini.

UNBK jenjang SMP sederajat di Ngawi dijadwalkan dimulai Senin lusa selama empat hari berturut-turut. Ujian tahun ini diikuti sebanyak 11.576 pelajar yang masuk daftar nominasi tetap (DNT). 

(mn/jpr/sib/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia